Strum ikan

Bagaimana cara merakit alat strum ikan akan diterangkan disini.

Pertama2 kita harus tau dulu prinsip kerja alat strum ikan. Dimana alat ini mengubah arus dc menjadi ac dan mengeluarkan tegangannya dengan cara diulang2,sehingga dapat menyebabkan ikan akan pingsan atau bahkan bisa mati bila didekatnya.
Langsung saja dijelaskan secara rinci mulai dari bahan bahan yang diperlukan,cara pembuatan sampai dengan cara penggunaanya.

siapkan BAHAN-BAHAN:

1.Kawat email ukuran 1 milimeter
sebanyak 2ons.Panjangnya +/- 20meter.Liat gambar. kalau ada pilih yang jerman ciri2 kawat hitam kelam. dengan kawat ini maka strum akan keluar dengan maksimal klik untuk melihat gambar

2. Kawat email ukuran 0,6mili
meter sebanyak 3,5ons
+/-60meter.Liat gambar ciri2 kawat hitam kelam klik untuk melihat gambar

3. Plat | atau kern | atau bekas trafo 10 ampere(ambil plat i nya aja) kalo gak ada pake alternatif lain dari plat bekas kotak telur potong dengan panjang 12cm sebanyak 30biji. Gak ada juga masih ada alternatif lain dari seng yang penting belum karatan potong lebar 1,5 cm panjang 12 cm.
liat gambar kern i klik untuk melihat gambar kern i 30buah klik untuk melihat gambar

4.Platina motor 2buah. kalo ada platina vespa yang gampang utak atik nya. Bikin seperti ini klik untuk melihat gambar

5. Gergaji besi (kalo ada yang udah gak dipake,sayang kalo masih bisa dipake dijadikan percobaan.entar bapak marah gergajinya kita patah patahkan) potong ujung kiri sepanjang 5cm dan ujung kanan nya sepanjang 10cm. Buang sisanya (alasan kenapa dipilih ujung kiri dan kanan.karena tempat tersebut ada lubangnya entar buat tempat baut. Gak ribet harus nglubangin lagi. Selain itu alasannya karena gergaji ini lentur) potong seperti ini klik untuk melihat gambar

6. Condensor motor 10 biji liat gambar condensor dibawah klik untuk melihat gambar ini contoh condesor yang banyak klik untuk melihat gambar

7. Kabel sepanjang 5meter bentuk serabut dan pilih yang isi serabutnya paling banyak dan lentur gak kaku kalau ditekuk2. Contoh kabel dibodi motor.Nah bentuknya kayak gitu tu (alasan biar gak ribet sewaktu dipakai tiba2 kabel potong,gak jadi nanti dapet ikan nya). Dalam pemilihan kabel harus teliti jangan sampai ada yang terkelupas.Karena dapat menyebabkan kebocoran arus dan dapat berdampak tersetrumnya diri kita. klik untuk melihat gambar serabut banyak klik untuk melihat gambar

8.Jaring buat nangkap ikanya .Nah kalo ini ditoko2 penjual peralatan pemancingan juga banyak. Direkomendasikan yang lubangnya mirip jaring nyamuk.(alasan biar ikan yang tertangkap sampe yang sebesar lidi.Diusahakan Lubangnya jangan terlalu kecil karena akan berat menahannya saat menyetrum diair yang mengalir) klik untuk melihat gambar

9.Tembaga sepanjang 50cm diameter sebesar lidi +/- 2,5 . Ato liat dibawah spedometer PLN didpan rumah. Nah sebesar itu.(alasan tembaga mengalirkan listrik dengan baik) ini contoh nya klik untuk melihat gambar

10.Kawat biasa atau sering disebut kawat tali.Sepanjang 1 meter (alasan: kawat ini dibuat mengikat besi dengan besi yang panas.Ingat jangan dilem) udah dipasang jadi gak punya contohnya.

11. Kabel yang isi dalamnya kawat. Dengan panjang 2meter.(alasan enak aja make ni kawat,gak susah nyarinya.Bekas kabel listrik juga banyak dan karena kawat ini kuat). sudah dipasang jadi gak punya contohnya juga.

12. Tali karet dari ban dalam motor. potong memanjang lebar 1/2 cm mungkin dirumah kamu juga ada. (alasan enak buat ngikatnya. Tahan lama,kencang,gak perlu mengeluarkan banyak tenaga tersedia dibengkel2 tambal ban) sbanyak 10 buah dengan panjang 25cm klik untuk melihat gambar

13. Baut runcing 6 buah.(alasan enak dibautkan pada kayu)

14.Kertas semen / kertas sampul buku panjang 20cm lebar 9 cm.(alasan biar tertutup semua) lum ngerti ya? Baca sampai akhir dulu ntar juga tau fungsinya.

15. Lakban (alasan: idem n0mor 14)

16. Kayu papan lebar 10cm x 5cm 2buah.

17. accu motor. Mau yang 12v/10ah atau yang 12v/5ah gak pa2 bisa dipake, asal masih bagus.Contoh accu supra tu 12v/5ah, accu vespa tu 12v/10ah. Catatan Lebih gede akinya lebih gede strum nya. Contoh punya vespa klik untuk melihat gambar lihat tulisan pada accu nya klik untuk melihat gambar

18.Bambu dengan besar 1 jempol tangan panjang 1,5meter 2 buah. klik untuk melihat gambar

19. 1 Ban sepeda kayuh(sepeda onthel). klik untuk melihat gambar
Nah setelah bahannya siap semua mari kita rakit strum ikan made in sendiri.
Yang paling menyengsarakan adalah melilit spulnya atau kumparan nya atau coil nya.Yang make syarat harus rapat dan kencengnya harus sama dan gak kalah penting harus dilakukan pada siang hari diluar rumah.Katanya biar kalo ada celah keliatan Dan langsung bisa diperbaiki.
CARA MELILIT SPULnya:

1. Siapkan plat i tadi, belitkan kertas semen sebanyak 5x belitan.Ingat bener2 kencang dan kotak .

2.Kalo sudah, habis itu dilakban 2x belitan. Nah kalo udah gini sebut aja ini besi "kotak"

3.Bentangkan kawat yang ukuran 1mm ikat kedua ujungnya pada tiang

4.Luruskan kawatnya. Caranya Ambil kertas semen sedikit belitkan dikawat tadi agak sedikit kencang.

5.Tekan dengan jempolmu sedikit kuat ke belitan kertas semen barusan. Urut lah sambil sedikit ditarik kertas semen itu dari ujung satu ke ujung yang satunya. kalo masih terasa bengkok teruskan pekerjaan diatas sampai kawat terasa lurus

6.Kalo kawat mengendor. Betulkan dulu agar kencang lagi. Bila kawat sudah lurus sekarang kita duduk rilexs sebentar sambil mengukur besi kotak tadi.

7.Ukur tengah2 besi kotak itu trus tandai. Dari tengah2 yang barusan kamu tandai ukur kekiri 3,5cm dan kekanan 3,5cm jangan lupa di tandai biar lilitan nya pas ditengah2. Hapus garis nomor 2 atau yang tepat berada ditengah2.

8.Ambil ujung 1 kawat yang kamu bentangkan tadi.Mulai lilit dari tanda dikiri sampai ketanda dikanan panjangnya 7cm kan?.Kalo susah,Itung aja 70 lilitan. Ingat harus rapat dan gak ada celahnya diantara lilitan itu. Bila kamu membiarkan 1 celah saja maka nanti keluar setrumnya juga gak sempurna dan akan berefek ketingkat berikutnya juga.

9.Nah 1 baris lilitan udah jadi.. Belit pake kertas semen 1x belitan habis tu kamu lakban 1x belitan juga

10.Awal baris ke 2,kamu naikan masuk 1 lilitan ke dalam . Begitu seterusnya sampai 5 tingkat.

11.Dililitan yang ke 5 itu kan kawat email nya udah gak cukup buat 1 baris lagi .Ya udah kasih jarak 5cm dan potong.Habis itu lilitan dilakban biar gak lepas lagi.

12.Selanjutnya kamu ambil kawat email yang 0,6mm. Caranya seperti pada kawat email 1 mm. Berhubung ini kabelnya 60m lebih,berarti harus 3x bolak balik muterin tiang yg tadi buat ngikat kawat 1 mm.

13. Luruskan kawatnya.caranya sama seperti kawat yang 1mm.

14.Ambil besi kotak yang sudah ada lilitanya tadi.

15.Selanjutnya belit 5x pake kertas semen dan 2x make lakban

16.Ikatkan ujung kawat yang 0,6mm keujung kawat 1 mm yang terakhir.

17.Lilit dari kanan kekiri searah jarum jam dan Masuk 1 lilitan setiap tingkatnya seperti kawat 1mm. Jangan lupa diantara barisnya dikasih kertas semen 1x belitan habis itu kamu lakban 1x belitan juga.

18.Yang terakhir berhentinya harusnya dikiri. Kalo udah gak cukup untuk 1 baris dipotong aja 5 cm dari ujung nya. Terakhir lakban 10x belitan habis itu belit pake kertas semen 5x belitan dan belit pake lakban 10x belitan. Kuat dah sekarang gak bakal hancur dipake bertahun2 juga. Nah jadinya seperti . Kabel hitam disebelah atas adalah kawat 0,6mm klik untuk melihat gambar
INGAT DALAM PEMBUATAN SPUL INI HARUS:

A. Sama kekencangan nya

b. Tidak ada celah

triknya beserta cara dan sekaligus alasan2nya sudah dijelaskan diatas. Dari awal sampai akhir. Moga bisa berhasil membikin yang keluarnya besar.

MERAKIT:

1. Papan dipaku seperti ini gambar dilihat dari atas klik untuk melihat gambar
yang ini dilihat dari samping klik untuk melihat gambar

2. Platina dipasang seperti ini dan ini klik untuk melihat gambar yang sebagian lagi dipasang seperti ini klik untuk melihat gambar maka kalau digabung akan menjadi klik untuk melihat gambar

3. Gergaji besi 10cm dipasang disini klik untuk melihat gambar bila dilihat dari depan. Bagian kanan adalah atas klik untuk melihat gambar dan yang 5cm dipasang distik dengan cara seperti ini dilihat dari atas klik untuk melihat gambar dilihat dari samping klik untuk melihat gambar

4. Spul diletakan seperti ini klik untuk melihat gambar

5. Kbel dispul disambung seperti ini klik untuk melihat gambar kabel bagian atas ke jaring. kabel bagian kiri ke arus - dari accu sedangkan yang kanan ke condensor + platina lihat skema pada nomor 6 dibawah.

6. Skema strum ikan seperti ini klik untuk melihat gambar

cara diatas bisa keluar 220v

SETELAH SELESAI DIRAKIT:
karena kalo kita beli motor baru dari dealer aja perlu diujicoba. maka tidak ada bedanya dengan strum ini. DiPerlukan ujicoba juga. Caranya adalah dihidupkan -/+ 6jam(alasan: agar suhu didalam spul menjadi sama. Karena tidak menutup kemungkinan saat pembuatan terdapat titik2 air yang melekat pada kawat email.Maka panas dari spul dibutuhkan untuk menghilangkan titik2 air tersebut.)
Biaya pembuatan alat ini memang agak sedikit mahal. Berkisar antara 500-600ribu.

cara pemakaiannya:

1.saat kamu menyetrum ikan selalu dari bawah keatas (alasannya: agar air yang kamu setrum tidak keruh. Jadi ikannya keliatan kalo pingsan dan hanyut terbawa air)

2.Yang dibagian bawah selalu jaring dan jangan dibalik karena akan berdampak terlambatnya menjaring ikan yang hanyut.

3.Biasanya ikan lele bersembunyi dilubang.Nah untuk mengeluarkan ikan nya diperlukan trik khusus karena kalo sampai dipencet terus2an,alamat lele pingsan didalam lubang.Triknya adalah dengan di pencet sebentar2 beberapa kali.
<-/+ setengah detik>. Nanti ikan didalam lubang akan merasa kegelian,nah dia akan keluar sendiri. Kalo udah keliatan pencet yang lama.

4. Kalo ikan nya keliatan dan stik kamu gak dapat menjangkaunya,kejarlah ikan itu.

5.Selalu jaring dan stik ada diair saat strum dipencet. Ingat jangan diangkat salah satu,karena kalo diangkat salah satu ikan nya gak bakalan pingsan.

6.Ikan mujaer, nila jenis ikan ini susah untuk pingsan.Kalo ini ane gak tau triknya kaya gmana. Cuma skedar share aja.

7.Jarak jangkauan strum, baik stik maupun jaringnya adalah 30cm akan terasa dikaki dan Jarak jangkauan ke tangan 40cm
Jadi jangan lebih dekat dari itu kalau kamu gak pengen "senjata makan tuan".

8.Jarak ikan bisa pingsan 10-20cm

9.Ingat beda tempat beda juga kepekatan airnya.Jadi jarak diatas bisa berubah sesuai dengan kepekatan air didaerah anda.(air yang mengandung kapur akan lebih pendek jarak jangkauannya. Bila kadar kepekatan air ditempat kamu lebih bersih, maka jarak jangkauan akan lebih luas lagi dari yang diterangkan diatas.)

10.Bersihkan platina memakai ampelas bila akan digunakan karena bila tidak strum keluarnya jadi tidak maksimal disebabkan oleh kerak yang terjadi saat ada percikan diplatina

11.Ganti kabel setiap 1 tahun sekali

12.Perlu diingat bahwa bila kamu mengambil maka kamu juga harus menaruh. Ikan yang sudah besar kamu ambil,maka wajib hukumnya bagi kamu untuk menanam bibit ikannya.Demi kelestarian ikan ditempat anda.Janganlah serakah mengambil semua yang bisa diambil tanpa disisakan.Kita butuh bukan hanya untuk saat ini,tapi untuk nanti,esok atau bahkan berpuluh2 tahun yang akan datang.

Maka pergunakanlah alat ini sebagaimana mestinya dan adatnya. Jangan dibuat main2.Dan bila ditempat anda menyetrum ikan pasti mengganggu yang lain. Umpamanya orang memancing. Ya jangan dilakukan kasihan yang memancing. Pilih tempat lain yang jauh dari kegiatan memancing.Alat Ini bukan untuk bercanda.Jadi jangan ditest kan pada manusia.

NB:Penulis tidak bertanggung jawab atas apa pun yang terjadi.

64 komentar:

Anonim mengatakan...

mampir

WonkDibe(benjo blajar kreasi) mengatakan...

Mantab bos!
Bs dipakai diketinggian pinggang orang dwsa ya?
Slam kenal dan trimakasi atas ilmunya!

WonkDibe(benjo blajar kreasi) mengatakan...

Trimakasi atas ilmunya gan!
Kalau dipake buat kedalaman pinggan orang dws oke nggk!
Pengen buat nih!

indra mengatakan...

Bisa gan... Kawat 1mm diganti dengan 0,9mm dan kawat 0,6mm diganti dg 0,7mm. Dijamin cess pleng sampe kedalaman sedada.

Anonim mengatakan...

mas itukan kbl splxa ada 3 yg a as asalxa dri mna yg kri dri mna yang knan dri mna?tlng krm jawabanxa ke email sayamas,massarnama@yahoo.co.id

Wonk DB mengatakan...

mas indra kalau ditempatku rata2 spolnya pakek yg 1,5mm-1,8mm, saya kmrn jg buat yg 1,5 dgn perbandingan primer 5 lapis dan skunder 3 lapis.kalau dipakek sedikit kurang memuaskan. Kalau menurut mas indra sendiri kira2 lebih dahyat yg mana antara lilitan berdiameter 1,5 dgn 0,9. Disini biasanya dibuat ngluarin belut dalam tanah. Trimakasi bnyk ats bantuanya!spolnya pakek yg 1,5mm-1,8mm, saya kmrn jg buat yg 1,5 dgn perbandingan primer 5 lapis dan skunder 3 lapis.kalau dipakek sedikit kurang memuaskan. Kalau menurut mas indra sendiri kira2 lebih dahyat yg mana antara lilitan berdiameter 1,5 dgn 0,9. Disini biasanya dibuat ngluarin belut dalam tanah. Trimakasi bnyk ats bantuanya!

Anonim mengatakan...

salam kenal saya budi. mau nanya kalo ukuran diamter kawat primer dan sekunder sama bagai mana mas? saya pake yang 1,5 mm.

wadher mengatakan...

menurut saya pake 1.5mm udah bagus.untuk primer dan sekunder sama.primer 3sap sekunder 2sap.kondensor 10 buah.8buah di pasang di platina,2 buah di pasang di output sekunder. dikedalaman 2meterpun ikan akan pingsan bahkan mati.....smoga berhasil!!!

Anonim mengatakan...

mas skemanya mana ??? kok tidak ada linknya

Anonim mengatakan...

minta gambar skema di e-mailkan aja ya. beserta daftar komponen-komponen yang komplit dan trima kasih . dari : hady_nyo2@yahoo.com

indra mengatakan...

Maaf lama blz nya... Skemanya sudah kutambahkan. Sory kalo gambarnya jelek... He... Maklum gambar skemanya make hp..

Anonim mengatakan...

gemna cara pasang platina,a?? kta.a harus pakek 2 platina
tq ya dam mo berbagi ilmu

Anonim mengatakan...

kalo bisa gambar yg udah siap ditampilkan lbih jelas,, agar kami bs merakitnya

Anonim mengatakan...

kalo kondensor di ganti ama punya mobil btuh berapa condensor bang!

Anonim mengatakan...

pagi bang.aku deden.mau tanya apa pengaruhnya jika lilitan g rapat dan g rata?apa strum yg di hasilkan kurang bagus,atau malah g bisa di pakai sama sekali??saya br mulai merakit,untuk nyetrum belut,kawat 1mm berat 3,5ons.apakah bisa buat nyetrum belut.atas ilmunya trimakasih

indra mengatakan...

@anonim1: tuh diskema mas
@anonim2: condensor pake 2 aja cukup.
@mas deden: kalo gak rapat jd gak gede keluar strum nya. Dibawah 100volt. Tetap bisa nyetrum cuma ikan gak langsung pingsan.. Bisa2 ikanya cuma menari2 kegelian dulu...
Untuk menyetrum belut make kawat primer dan sekunder yang sama ukuranya.Tusukan kawat kuningan didekat coptrus pencet2. Tp nyetrumnya tergantung triknya juga mas.. Harus di ntut2....... Dipencet dikit2.Pencet skitar Stengah detik kemudian lepaskan,pencet lg stengah dtik... Keliatan koq.. Kalo di cop gerak2 mending pencet yg lama skalian trus tinggal kita tusuk lubangnya make jari ntar kan tinggal ngambil aja belutnya.

Ucuk.jraka mengatakan...

Mas indra salam kenal dari pulau garam .. Klo g kberatan minta skemanya cara bikin spulx krna mau bikin g tau mas. Tlng ya. Juga teman2 yang lain klo punya skema tolong dengan hormat sya sangat membutuhkan bantuan teman2 semua. Sya tunggu di ucuk.jraka@yahoo.com mksh bnyak

Unknown mengatakan...

i

ratfan mengatakan...

mas maw tanya maksudnya Awal baris ke 2,kamu naikan masuk 1 lilitan ke dalam itu gmana tolong penjelasannya....?

Anonim mengatakan...

primer 09 sekunder 07 utk ikan nila gimana gan??

Designs 4 life mengatakan...

mas maaf saya sangat tertarik untuk membuatnya
bisakah saya diberi tutorial yang lebih rinci untuk membuat lilitannya.
tolong dibales lewat sms di no 085727465950

burung walet mengatakan...

mas tolung kirim skema jenis tletek alat ini pungsi xa untuk membuat ikn mengapung ke permukaan dari dasar laut atau sungei alat ini memakai trapo juga transistor jenis npn tolung kirim skema xa lewat imael saya
rujiyansah@gmail.com

indra mengatakan...

@rujiansah: saya ndak punya skemanya. Cuma model ini yang sejak dari sma saya pake.
@anonim: 0,9 dan 0,7. Cuma mampu untuk ikan nila dengan tinggi ikan sebesar 3jari..
@designs 4 file: lewat email aja y mas...

asyuk mengatakan...

bang bisa mintak penjelasan yang lebih terperinci soal nye kemaren saya punya gak kuat, jd sekarang saya pengen merombak gulungan spol, tp gat tau cara membuat spol supaya lebik power lg

Putra padang mengatakan...

Maaf,brdasarkan pengalaman pribadi saya.. Ukuran kawat email yg bagus adalah:primer 1,4mm2,5 ons
skunder:0,4mm5ons.
Primer:3sap sknder 7sap..
Catatan:ini sdh sy terapkn brtahun&hasilnya sngat2mmuaskan..
Sanggup mlumpuhkn ikan dikedalaman air sdalam pinggang..

Anto mengatakan...

Permisi..
Wah pd ngomongin setrum ikan nich, saya jd pengen. Sbnrnya sy jg punya tp buat nyatrm di kdalaman aja ga ngefek.
Oya ms indra, mw tnya klo bwt untuk kedalaman dada jg bisa untuk nyetum belut kira" spollnya pake kawt yg drp mili primer n' sekundernya...?
Maksh..

indra mengatakan...

@asyuk: yang mana ni yang masih bingung...
@putra padang: kern nya kotak apa pake kern yang bulat ?? Tar aku juga mau nyoba..
@anto: kalo untuk belut make yang 1mm+ 0,7mm dah jos um... Kalo yang buat ikan sedada pake yg 0,9mm+0,7mm. Yang penting rapat dalam penyepolanya..

Anonim mengatakan...

Terimakasih ilmunya gan,

untuk keren nya haruskah selalu berbentuk kotak ?
untuk kern tersebut bisa ga diganti sama alumunium atau tembaga ?

Anonim mengatakan...

maaf mas indra aku mau nanya nih,,,strom ikan aku pakai email ukuran 0,6 mm utk primer sebanyak 3 sap dan ukuran 0,9 mm utk skunder sebanyak 7 sap....kenapa blm maksimal ya???? apanya yang salah???biasanya primer dan skunder kawat emailnya lebih gede yang mana???

indra mengatakan...

wah aku buat strum keluarnya api semua...gak pake masa apa yng salah mz...

Mbah Peyot mengatakan...


Maaf mas, sy sdh buat rangkaian alat spt skema, tapi krn saat ini sy berada di pelosok Sulbar yg penuh dgn keterbatasan, maka bahan2 yg bsa sy dapatkan cuma kawat email 0.9 mm, kondensor merk Denso yg warna putih 3 biji, yg warna kuning 2 biji, kondensor utk Senso 6 biji, accu 12 V 5Ah, platina turbo utk mobil kijang.
Lilitan primer 3 lapis, skunder 9 lapis, ukuran kawat email sama 0.9 mm.
Pertanyaan dan kebingungan sy:
1.Krna gak ada multitester, sy test pake lampu 25 watt nyalanya redup, bisa agak terang kalo jarak platina dgn kern dijauhkan jadi sekitar 5mm - 6mm.. apakah ini sdh benar?
2. Sy coba di selokan, cuma ikan cambang kecil2 yg tidur dan blom sampai 5 menit dicoba, aki sdh dropped.. apa bener begitu? Bagaimana caranya agar gak boros di accu?
3.Areal sekitar tmpat tinggal sy skg ini rata2 perairan payau, apa ini berpengaruh juga?
4. Apakah lain ikan, lain juga lilitan dan kawat email yb digunakan?
Mohon penjelasan detailnya ya mas..
Maksih..

beny mengatakan...

salam knal mz indra.
Mas q coba lilitan pertama sebanyak 3sap email 0,9mm dan yang akir 5sap email 0,6mm...!
Kondensor kami ganti kapasitor 15uf 400volt 1
Dan kapasitor 4,5uf 220volt.kami paralel.
Accu 5A 12v dan 7A 12v kami paralel.

Yg kami tanyakan
Buat nyetrum kedalaman 1m kok nga tembus itu dimana kesalahanya...?

Trim kasih sebelumnya.
By.beny

simo exe mengatakan...

maaf mas indra.. aqu masih bingung tentang lilitan primer sama skunder bagaimana caranya apa di satukan ?, tolong di jawab mas ya..

simo exe mengatakan...

maaf mas indra.. aqu masih bingung tentang lilitan primer sama skunder bagaimana caranya apa di satukan ?, tolong di jawab mas ya.. / simoflmbn@gmail.com

Aziz rachman mengatakan...

salam kenal mas indra,,, saya ada email 1mm dan email 0,8mm,,, untuk lilitan primer dan sekundernya berap sap2nya mas?...

Anonim mengatakan...

Klo platina motor ,cra membelahnya bgmna tlng bls

Anonim mengatakan...

Mas klo mau setrumnya dahsyat lihat pada spol nya &klo perbandingannya 1:2/1:3 misalnya lilitan primer 1 ons &sekunder bisa 2/3 ons

indra mengatakan...

@anonim= gak harus kern kotak. Ada juga yang bikin dari kern yang bulat. Dan katanya mantap keluarna..
@idem= g da condensorna biasanya yang keluarnya api.
@mbah peyot=
1.Yupz.. Seperti itu.
2. Tidak seperti itu. Walau kayak gt harusnya bisa kuat sampai setengah jam'an.. Perbanyak lilitan yang didalam. Dan harus rapat tidak ada celah nya.. Lilitnya saat siang hari..
3.Betul berpengaruh..
4.Gak jg.. Sama koq.. Sama2 makhluk bernyawa.. Mau darah putih atau merah bisa kesetrum..
@beny: tabrakan tu mas amper nya.. Kasian yang 5amper.. Ntar jebol.. Kemungkinan kurang rapat waktu melilitnya..
@simo exe=disambung. Nyambungnya kayak gini. lilit dulu email yang gede, hbis itu lilit yang kecil. Akhir lilitan yang gede disambung dg awal lilitan yang kecil.
@aziz rahman= samakan aja mas lilitan pertama email 1mm 3sap, lilitan ke 2 email 0,8 5sap. Rapat lho mas ya..
@anonim= gergaji aja mas. Trus pasang pada gergaji besi yang 10cm itu.
@anonim= betul mas.. Intinya rapat.. G ada celah 1 pun.. Kekenncangannya sama. Nanti keluarnya pasti gede...

Anonim mengatakan...

mo ikut tukar pengalamn mas bro moga aza manfaat/....

Anonim mengatakan...

sebelumnya perkenlkn nama satria...asal dri kota pati...mo ikut tukar pengalamn tenteng setrum menyetrum.....klu punya saya yng saya pakai sudah 4 taun lebih gax da problm......detailnya seperti ini....saya pakai email yg 1,35mm untuk primer 4ons..untuk sekundernya saya pakai 0,7mm..6ons.....karen jg punya pengaruh lo friend selain ukuran dan kerapatn serta kekencangan gulungan sepul....karen saya pakai bekas gergaji sarung/selendang.lebar 2cm.panjang 12cm....platina saya pakai kijang racing kan agax tebal n besar dibanding punya cerry n jinso....untuk kondesor saya pakai denso 10biji....8 ke platina 2 ke output sekunder......saya pakai 1 aki 12v milti plus...yg besar.....powernya cukup lumayan bagus..kabel stik saya pakail yg 4mm yg serabut .kbl stik jg pengaruh untuk keluarnya strum..klu pakai yg 2mm cepat kebakar n jd hitam serta berjamur jd ntr kluarnya strum gx maksimal.percumakn dari rangkaian bagus tp kabel yg distik terlalu kecil jd kn keluarnya strum jd gax semuanya........rangkaian yg saya rakit dngn tangan sendiri ini tlah mampu memutuskan lampu 5watt...dngan 1accu 12volt multi plus besar....tp saya masih berharap masukn dri freind sma.....selamat mencoba....

Anonim mengatakan...

sebelumnya perkenlkn nama satria...asal dri kota pati...mo ikut tukar pengalamn tenteng setrum menyetrum.....klu punya saya yng saya pakai sudah 4 taun lebih gax da problm......detailnya seperti ini....saya pakai email yg 1,35mm untuk primer 4ons..untuk sekundernya saya pakai 0,7mm..6ons.....karen jg punya pengaruh lo friend selain ukuran dan kerapatn serta kekencangan gulungan sepul....karen saya pakai bekas gergaji sarung/selendang.lebar 2cm.panjang 12cm....platina saya pakai kijang racing kan agax tebal n besar dibanding punya cerry n jinso....untuk kondesor saya pakai denso 10biji....8 ke platina 2 ke output sekunder......saya pakai 1 aki 12v milti plus...yg besar.....powernya cukup lumayan bagus..kabel stik saya pakail yg 4mm yg serabut .kbl stik jg pengaruh untuk keluarnya strum..klu pakai yg 2mm cepat kebakar n jd hitam serta berjamur jd ntr kluarnya strum gx maksimal.percumakn dari rangkaian bagus tp kabel yg distik terlalu kecil jd kn keluarnya strum jd gax semuanya........rangkaian yg saya rakit dngn tangan sendiri ini tlah mampu memutuskan lampu 5watt...dngan 1accu 12volt multi plus besar....tp saya masih berharap masukn dri freind sma.....selamat mencoba....

Aziz rachman mengatakan...

mas indra untuk 0,9mm + 0,7mm seberapa banyak untuk primer sama sekunderngya supaya tenaganya lebih power untuk accu 1 bh 12vlt, soal nya aq buat dari 1mm + 0,8mm 2,5ons 5 sap 4 0ns 7sap hasil kurang memuaskan, apa ada pengaruh sama kawat imeil, aq pakai yang biasa bukan yang jerman, apa ada salah d yang lain,,,em, tlong mas bimbinganya aq pingin buat yang lebih power lagi, di sini untuk mencari belut sawah sama ikan,,,yang dalam airnya rata2 sepinggang,, terima kasih sebelumnya,

Aziz rachman mengatakan...

mas indra untuk 0,9mm + 0,7mm seberapa banyak untuk primer sama sekunderngya supaya tenaganya lebih power untuk accu 1 bh 12vlt, soal nya aq buat dari 1mm + 0,8mm 2,5ons 5 sap 4 0ns 7sap hasil kurang memuaskan, apa ada pengaruh sama kawat imeil, aq pakai yang biasa bukan yang jerman, apa ada salah d yang lain,,,em, tlong mas bimbinganya aq pingin buat yang lebih power lagi, di sini untuk mencari belut sawah sama ikan,,,yang dalam airnya rata2 sepinggang,, terima kasih sebelumnya,

Master mengatakan...

Mas lok 0,8mm dan 0,6mm bagus berapa sap pmr and skd nya

Arjuna Albespark mengatakan...

kalaw mau yg lebih dahsyat gunakan tiga arus kawat email /1.50 3ons 0.50 2ons dan terakhir gunakan kawat email yg paling kecil 1 x lilitan aja
Ac 2 biji jarak setrum 1.5 meter

priyono bocahtuban mengatakan...

Klu blh ngasih cara yang lebih gampang lg pakek sistem ot bekas amplifer toa..lebih gampang g ribet,g usah pakek kondensor g usah pakek platinya..irit lg accunya...silahkan tanya lewat email atau fbq
email priyo_eno38@yahoo.co.id
Fb Mas Eno..

priyono bocahtuban mengatakan...

Klu blh ngasih cara yang lebih gampang lg pakek sistem ot bekas amplifer toa..lebih gampang g ribet,g usah pakek kondensor g usah pakek platinya..irit lg accunya...silahkan tanya lewat email atau fbq
email priyo_eno38@yahoo.co.id
Fb Mas Eno..

Didik Kurnia mengatakan...

lam kenal gan, mf ni sblmnya. . .
Mo tnya ni, lox kwat emaily pke kbel listrik yg behel bisa gak ya, coz disini susah nyari kwat emaily, tolong pencerahanya . . . . . .
Thank's didik

Didik Kurnia mengatakan...

lam kenal gan, mf ni sblmnya. . .
Mo tnya ni, lox kwat emaily pke kbel listrik yg behel bisa
gak ya, coz disini susah nyari kwat emaily, tolong
pencerahanya . . . . . .
Thank's didik

Dedi Sirait mengatakan...

mas kalau pakai coil mobil kijang bisa ngak mas..?? saya dah buat, saya coba untuk nyetrum ikan nila di baskom ngk pingsann ikan nya mas..??











Dedi Sirait mengatakan...

bahan2 saya antara lain;
1. koil kijang 1 pcs
2. condensor 2 pcs
3. kontak platina menggunakan relay kaki 5 dirangkai menjadi gerak platina
4. aki mobil 48 ah
api yang keluar besar mas, cuma ikan nila tsb tidak pingsan. mohon masukan nya mas>>??

Dedi Sirait mengatakan...

mas kalau pakai coil mobil kijang bisa ngak mas..?? saya dah buat, saya coba untuk nyetrum ikan nila di baskom ngk pingsann ikan nya mas..??











satria bagus mengatakan...

Salam kenal gan klo punya saya kok kalo di darat arusnya kuat banget tapi Ko klo di air malah pelan bange ikan malah cuman Kaget ga mati . Itu masalahnya apa ya tolong penjelasanya bang

Suparto To mengatakan...

lam kenal mas

Suparto To mengatakan...

punya g tu pake kawat email primer 2ons 1.2mm dan skundernya pake 0.5mm 8ons..kondensor 14 biji. tu bisa nangkep lele dumbo yg ukuran 1.5kg gan.. klu belut ma ikan lainya mokat gan..tpi ada satu kelemahanya gan.kalau dipake selama 1 atau 2 jam berturut2 sepulnya panas kayak kebakar gan. tolong klu agan punya solusinya biar sepul ngak panas...thank...

Anonim mengatakan...

sekedar masukan, kalo setrum saya kawatnya sama diameternya primer dan sekunder 1,5mm. Inti/kerennya pake plat bekas trapo ct amper meter, alasannya ukurannya tipis 0,30mm lebar 2cm dan sudah terisolator, disusun setebal1,8cm, panjang 12cm, karena plat tipis yang terisolator yang disusun dengan rapi akan menghasilkan daya magnetik yang efesien, lihat (katekogri travo berimpedansi tinggi). Lilitan primer 3 saf, lilitan sekunder 10 saf, rapat dan kencang, jika primer mulai dari kiri maka sekunder harus berakhir dikanan, begitupun sebaliknya. Alasannya agar gelombang frekwensi yang di hasilkan tidak berlawanan arah. Platina dijejer dua biji, makanya plat pegasnya agak lebar bias bisa jejer dua platina, alasannya agar arus yang dihantarkan lebih besar, dua kali dari satu platina, tapi sesuaikan dengan batery, minimal 7Ah 12v. Conensor 10biji. Dijamin ikan nilapun langsung pingsan, hingga kedalaman 2m, kalo untuk jangkauannya tergantung banyaknya lilitan sekunder, semakin banyak semakin baik, namun batery nya minimal 10Ah 12v. Untuk jumlah lilitan diatas jangkauanny +- 40cm masing2 stik dan tanggok. Ini pengalaman saya disungai selama 3th belakangan ini, walaupun sebelumnya sudah banyak mempraktekkan bermacam jenis setrum tapi hasilnya kurang memuaskan. Setelah saya baca2 trik2 merakit setrum diberbagai situs dan konsultasi ke tukang setrum, dan mememahami sistem kerja arus listrik DC ke AC, maka saya membuat terobosan seperti demikian. Ternyata berhasil, dan sangat memuaskan.

Anonim mengatakan...

bagus masbro

IRwan C' boedak Bp Ruhdi mengatakan...

Sobb , mau nanya,
dari setrum ikan yang berfungsi menaikan tegangan itu apa ?

febri harlay mengatakan...

kalo pake koil motor atau koil mobil .bisa ngak om ?

febri harlay mengatakan...

kalo pake koil motoratau mobil bisa ngak om ???

Anonim mengatakan...

kumparan/trafo, jika dialiri arus bolak-balik/AC

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas ilmunya
akan saya coba..

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas ilmunya
akan saya coba..

YANTO RI mengatakan...

Rekan pencari ikan sekarang sudah beredar strum elektronik tanpa platina dan mampu untuk air asin. Harga 750rb sudah termasuk ongkir. Hubungi Yanto 085785293190 atau 081269137400